SEJARAH SISTEM OPERASI
Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari
komputer dengan perangkat keras komputer. Pengertian sistem operasi secara umum
ialah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan
menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan
dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya sistem komputer. Dalam
sejarahnya, sistem operasi mengalami perkembangan yang sangat pesat.
Perkembangan tersebut dapat dibagi kedalam lima generasi:
1. Generasi Pertama (1945-1955)
Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi
elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkan
kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudah untuk
membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi ini belum ada
sistem operasi, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan
secara langsung.
2. Generasi Kedua (1955-1965)
Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job
yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan.Pada
generasi ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa
fungsi sistem operasi telah ada, contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS
(Fortran Monitoring System) dan IBSYS. Jadi generasi komputer kedua ini
merupakan generasi pertama dari sistem Operasi.
3. Generasi Ketiga (1965-1980)
Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk
melayani banyak pemakai
sekaligus, dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara on-line ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi-user (di gunakan banyak pengguna sekaligus) dan multi-programming (melayani banyak program sekaligus).
sekaligus, dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara on-line ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi-user (di gunakan banyak pengguna sekaligus) dan multi-programming (melayani banyak program sekaligus).
4. Generasi Keempat (Pasca 1980an)
Dewasa ini, sistem operasi dipergunakan untuk jaringan komputer
dimana pemakai menyadari
keberadaan komputer-komputer yang saling terhubung satu sama lainnya. Pada masa ini para
pengguna juga telah dinyamankan dengan Graphical User Interface yaitu antar-muka komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman, pada masa ini juga dimulai era komputasi tersebar dimana komputasi-komputasi tidak lagi berpusat di satu titik, tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.
keberadaan komputer-komputer yang saling terhubung satu sama lainnya. Pada masa ini para
pengguna juga telah dinyamankan dengan Graphical User Interface yaitu antar-muka komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman, pada masa ini juga dimulai era komputasi tersebar dimana komputasi-komputasi tidak lagi berpusat di satu titik, tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.
5. Generasi Kelima (Pasca 2001 sampai Sekarang )
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena
tahap ini masih dalam perjalanan. Contoh imajinatif komputer generasi kelima
adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul
2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah
komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence),
HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia,
menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri. Walaupun
mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang
dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara
lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa
asing sekarang menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas
tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari
bahwa pengertia manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang
sekedar menterjemahkan katakata secara langsung.
PERJALANAN SISTEM OPERASI DARI DOS,
MAC HINGGA WINDOWS
Tahun 1980
- QDOS
: Tim Paterson dari Seattle Computer menulis QDOS yang dibuat dari OS
terkenal pada masa itu, CP/M. QDOS (Quick and Dirty Operating System)
dipasarkan oleh Seatle Computer dengan nama 86-DOS karena dirancang untuk
prosesor Intel 8086.
- Microsoft
: Bill Gates dari Microsoft membeli lisensi QDOS dan menjualnya ke
berbagai perusahaan komputer.
Tahun 1981
- PC
DOS : IBM meluncurkan PC DOS yang dibeli dari Microsoft untuk komputernya
yang berbasis prosesor Intel 8086.
- MS
DOS : Microsoft menggunakan nama MS DOS untuk OS ini jika dijual oleh
perusahaan diluar IBM.
Tahun 1983
MS DOS 2.0 : Versi 2.0 dari MS DOS diluncurkan pada komputer PC
XT.
Tahun 1984
- MS
DOS 3.0 : Microsoft meluncurkan MS DOS 3.0 untuk PC AT yang menggunakan
chip Intel 80286 dan yang mulai mendukung penggunaan hard disk lebih dari
10 MB.
- MS
DOS 3.1 : Microsoft meluncurkan MSDOS 3.1 yang memberikan dukungan untuk
jaringan.
Tahun 1985
MS Windows 1.0 : Microsoft memperkenalkan MSWindows, sistem
operasi yang telah menyediakan lingkungan berbasis grafis (GUI) dan kemampuan
multitasking. Sayangnya sistem operasi ini sangat buruk performanya dan tidak
mampu menyamai kesuksesan Apple.
Tahun 1986
MS DOS 3.2 : Microsoft meluncurkan MS DOS 3.2 yang menambahkan
dukungan untuk floppy 3.5 inch 720 KB.
Tahun 1987
- OS/2
: IBM memperkenalkan OS/2 yang telah berbasis grafis, sebagai calon
pengganti IBM PC DOS.
- MS
DOS 3.3 : Microsoft meluncurkan MS DOS 3.3 yang merupakan versi paling
populer dari MS DOS.
- Windows
2.0 : Windows versi 2.0 diperkenalkan.
Tahun 1988
MS DOS 4.0 : Microsoft mengeluarkan MSDOS 4.0 dengan suasana
grafis.
Tahun 1990
- Windows
3.0 : Microsoft meluncurkan Windows versi 3.0 yang mendapat sambutan cukup
baik.
- MSOffice
: Microsoft membundel Word, Excel, dan PowerPoint untuk menyingkirkan
saingannya seperti Lotus 123, Wordstar, Word Perfect dan Quattro.
- DR
DOS : Digital Research memperkenalkan DR DOS 5.0.
Tahun 1991
MS DOS 5.0 : Microsoft meluncurkan MSDOS 5.0 dengan penambahan
fasilitas full-screen editor, undelete, unformat dan Qbasic.
Tahun 1992
Windows 3.1 : Microsoft meluncurkan Windows 3.1 dan kemudian
Windows for Workgroups 3.11 di tahun berikutnya.
Tahun 1993
- Windows
NT : Microsoft meluncurkan Windows NT, OS pertama berbasis grafis tanpa
DOS didalamnya yang direncanakan untuk server jaringan.
- MS
DOS 6.0 : Microsoft memperkenalkan MSDOS 6.0 Upgrade, yang mencakup
program kompresi harddisk DoubleSpace.
- MS
DOS 6.2 : Microsoft meluncurkan MSDOS 6.2.
Tahun 1994
- MSDOS
6.22 : Microsoft meluncurkan MSDOS 6.22 dengan program kompresi bernama
DriveSpace. Ini merupakan versi terakhir dari MS DOS.
- FreeDOS
: Jim Hall, mahasiswa dari Universitas WisconsinRiver Falls Development
mengembangkan FreeDOS. FreeDOS dibuat setelah Microsoft berniat
menghentikan dukungannya untuk DOS dan menggantikannya dengan Windows 95.
Tahun 1995
- Windows
95 : Microsoft meluncurkan Windows 95 dengan lagu Start Me Up dari Rolling
Stones dan terjual lebih dari 1 juta salinan dalam waktu 4 hari.
- PC
DOS 7 : IBM memperkenalkan PC DOS 7 yang terintegrasi dengan program
populer pengkompres data Stacker dari Stac Electronics. Ini merupakan versi
terakhir dari IBM PC DOS.
- Windows
CE : Versi pertama Windows CE diperkenalkan ke publik.
Tahun 1996
Windows NT 4.0 : Microsoft meluncurkan Windows NT versi 4.0
Tahun 1997
Mac OS : Untuk pertama kalinya Apple memperkenalkan penggunaan
nama Mac OS pada Mac OS 7.6.
Tahun 1998
Windows 98 : Web browser Internet Explorer menjadi bagian penting
dari Windows 98 dan berhasil menumbangkan dominasi Netscape Navigator.
Tahun 2000
- Mac
OS/X : Mac OS diganti dengan mesin berbasis BSD Unix dengan kernel yang
disebut sebagai Mac OS/X.
- Windows
2000: Microsoft meluncurkan Windows 2000 sebagai penerus Windows NT.
- Windows
Me : Microsoft meluncurkan Windows Me, versi terakhir dari Windows 95.
Tahun 2001
Windows XP : Microsoft memperkenalkan Windows XP.
Tahun 2003
Windows 2003 : Microsoft meluncurkan Windows Server 2003.
Tahun 2007
Vista : Setelah tertunda untuk beberapa lama, Microsoft akhirnya
meluncurkan Windows Vista. Windows Vista memperkenalkan fitur 3D Desktop dengan
Aero Glass, SideBar, dan Flip 3D. Sayangnya semua keindahan ini harus dibayar
mahal dengan kebutuhan spesifikasi komputer yang sangat tinggi.
Tahun 2009
Windows 7: Windows 7 ini adalah perbaikan dari vista, dengan aero
vista tetapi kestabilan XP.
Dalam dunia teknologi
informasi kita sering mendengar kata software. Sebenarnya apa sih software itu?
Ada yang mengatakan bahwa tanpa software, maka suatu komputer tidak dapat digunakan
atau dioperasikan. Untuk mengetahui definisi atau pengertian dari software
silahkan simak sedikit penjelasannya di bawah ini.
Pengertian Software
Nama lain dari
Software adalah perangkat lunak. Karena disebut juga sebagai perangkat lunak,
maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang
nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh secara langsung manusia, maka
software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik,
software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun
bisa untuk dioperasikan.
Pengertian Software
komputer adalah
sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data
elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi
yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat
lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah
Jenis-jenis Software
atau Perangkat Lunak
Software atau perangkat
lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam,
yaitu software berbayar, software gratis atau free ( Freeware, free software,
shareware, adware) .
Software berbayar
Software berbayar merupakan
perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna
yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli
atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan
software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut
secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya
adalah sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photo shop, dan
lain-lain.
Freeware perangkat lunak gratis
adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa
batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar
(misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi
tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis
freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin
mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap
pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai program
apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama
adalah suite browser dan mail client dan Mozilla News, juga didistribusikan di
bawah GPL (Free Software).
Free Software
Free Software lebih mengarah
kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada kenyataannya, namanya
adalah karena bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka (Open Source)
dan di sanalah letak inti dari kebebasan: program-program di bawah GPL, sekali
diperoleh dapat digunakan, disalin, dimodifikasi dan didistribusikan secara
bebas. Jadi free software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi
penggunaan dan distribusi. Begitu keluar dari lisensi kita dapat menemukan
berbagai cara untuk mendistribusikan perangkat lunak, termasuk freeware,
shareware atau Adware. Klasifikasi ini mempengaruhi cara di mana program
dipasarkan, dan independen dari lisensi perangkat lunak mana mereka berasal.
Perbedaan yang nyata
antara Free Software dan Freeware. Konflik muncul dalam arti kata free dalam
bahasa Inggris, yang berarti keduanya bebas dan gratis. Oleh karena itu, dan
seperti yang disebutkan sebelumnya, Free Software tidak perlu bebas, sama seperti
Freeware tidak harus gratis.
Shareware
Shareware juga bebas
tetapi lebih dibatasi untuk waktu tertentu. Shareware adalah program terbatas
didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau
fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang ditetapkan
(misalnya 30 hari) . Dengan demikian, memberikan pengguna kesempatan untuk
menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari program.
Sebuah contoh yang sangat jelas dari tipe ini adalah perangkat lunak antivirus,
perusahaan-perusahaan ini biasanya memudahkan pelepasan produk evaluasi yang
hanya berlaku untuk jumlah hari tertentu. Setelah melewati maksimum, program
akan berhenti bekerja dan Anda perlu membeli produk jika Anda ingin tetap menggunakannya.
Kita juga dapat
menemukan perangkat lunak bebas sepenuhnya, namun termasuk dalam program
periklanan, distribusi jenis ini disebut Adware. Sebuah contoh yang jelas
adalah program Messenger dari Microsoft yang memungkinkan penggunaan perangkat
lunak bebas dalam pertukaran untuk masuk dengan cara iklan banner atau pop-up.
Itulah artikel
penjelasan mengenai pengertian software atau perangkat
lunak komputer. Semoga ulasan di atas dapat menambah pengetahuan dan
wawasan kamu di bidang komputer.
Bahasa pemrograman adalah software bahasa
komputer yang digunakan dengan cara merancang atau membuat program sesuai
dengan struktur dan metode yang dimiliki oleh bahasa program itu sendiri.
Komputer mengerjakan transformasi data berdasarkan kumpulan printah program
yang telah dibuat oleh program. Kumpulan perintah ini harus dimengerti oleh
komputer, berstruktur terntentu (syntax), dan bermakna. Bahasa
pemrograman merupakan notasi untuk memberikan secara tepat program komputer.
Berbeda dengan bahasa, misalkan Bahasa Indonesia dan Inggris yang merupakan
bahasa alamiah (natural language), sintaksis dan semantik bahasa
pemrograman komputer ditentukan secara jelas dan terstruktur, sehingg bahasa
pemrograman juga disebut sebagai bahasa formal (formal language).
Menurut tingkatannya, bahasa pemrograman dibagi menjadi 3
tingkatan, yaitu:
o Bahasa pemrograman
tingkat rendah (low level language), merupakan bahasa pemrograman
generasi pertama, bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena
instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah
pembuatnya saja karena isinya programnya berupa kode-kode mesin.
o Bahasa pemrograman
tingkat menengah (middle level language), merupakan bahasa pemrograman
dimana pengguna instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu
masih sulit untuk dimengerti karena banyak menggunakan singkatan-singkatan
seperti “STO” artinya simpan (STORE) dan “MOV” artinya pindahkan (MOVE). Yang
tergolong dalam bahasa ini adalah assembler.
o Bahasa pemrograman
tingkat tinggi (high level language) merupakan bahasa yang mempunyai
ciri lebih terstruktur, mudah dimengerti karena menggunakan bahasa sehari-hari,
contoh bahasa level ini adalah: Delphi, Pascal, ORACLE, MS-SQL, Perl, Phyton,
Basic, Visual Studio (Visual Basic, Visual FoxPro), Informix, C, C++, ADA,
Java, PHP, ASP, XML, dan lain-lain. Bahasa seperti Java, PHP, ASP, XML biasanya
digunakan untuk pemrograman pada internet, dan masih banyak lagi yang terus
berkembang yang saat ini biasanya dengan ekstensi .net (baca: dot net) seperti
Visual Basic.NET dan Delphi.Net yang merupakan bahasa pemrograman yang
dikembangkan pada aran berbasis internet
Sejauh ini bahasa pemrograman dikelompokkan menjadi lima
generasi. Setiap generasi bahasa pemrograman memiliki karakteristik tersendiri.
Semakin maju generasinya maka orientasi bahasa pemrograman ini akan semakin
dekat ke manusia.
Gambar di atas menunjukkan terjadinya kecenderungan pergeseran
orientasi dalam bahasa-bahasa pemrograman, dari pendekatan yang berorientasi
kepada mesin menuju ke pendekatan yang berorientasi pada manusia.
Bahasa Pemrograman Generasi I
Bahasa pemrograman generasi pertama
berorientasi pada mesin. Program disusun dengan menggunakan bahasa mesin. Tentu
saja program generasi ini sangat sulit untuk dipahami oleh orang awam dan
sangat membosankan bagi pemrogram. Pemrogram harus benar-benar menguasai
operasi komputer secara teknis. Namun bahasa generasi ini memberikan eksekusi
program yang sangat cepat. Selain itu, bahasa mesin sangat bergantung pada
mesin (machine dependent), artinya, bahasa mesin antara satu mesin dengan
mesin lainnya akan berbeda.

Bahasa Pemrograman Generasi II
Bahasa pemrograman generasi kedua menggunakan
bahasa rakitan (assembly). Sebagai pengganti kode-kode biner,
digunakanlah kependekan dari kata-kata. Misalkan “MOV” untuk menyatakan “MOVE”
dan JNZ yang berarti “jump non-zero”. Setiap instruksi dalam bahasa rakitan
sebenarnya identik dengan satu instruksi dalam bahasa mesin. Bahasa ini sedikit
lebih mudah dipahami daripada bahasa mesin. Bahasa ini sedikit lebih mudah
dipahami daripada bahasa mesin mengingat perintah dalam bentuk kata-kata yang
dipendekkan lebih mudah daripada mengingat deretan angka biner.
Berikut adalah contoh instruksi yang ditulis dalam bahasa
rakitan akan menjadi seperti berikut:
Tampak bahwa penggunaan notasi seperti MOV AH, 02 jauh lebih
mudah diingat atau dipahami daripada penulisan instruksi dalam bahasa mesin:
B402 atau 1011 0100 0000 0010.
Bahasa Pemrograman Generasi III
Bahasa pemrograman generasi ketiga menggunakan pendekatan prosedural.
Sebagai bahasa prosedural, pemrogram perlu menuliskan instruksi-instruksi yang
rinci agar komputer melaksanakan tugasnya. Program ditulis dengan menggunakan
kata-kata yang biasa dipakai manusia, seperti WRITE untuk menampilkan sesuatu
di layar dan READ untuk membaca data dari keyboard.
Bahasa generasi ketiga seringkali disebut
sebagai high level language disebabkan bahasa ini menggunakan
kata-kata yang biasa digunakan manusia. Beberapa contoh bahasa pemrograman yang
masuk dalam kategori generasi ketiga yaitu ADA, ALGOL, C, BASIC, COBOL,
FORTRAN, dan PASCAL.
Bahasa Pemrograman Generasi IV
Bahasa pemrograman generasi keempat dirancang untuk mengurangi
waktu pemrograman dalam membuat program sehingga diharapkan produktifitas
pemrogram jadi meningkat dan program dapat dibuat dalam waktu yang lebih
singkat. Alhasil, bahasa pemrograman generasi keempat yang dikenal dengan
sebutan 4GL dapat dipakai oleh pemakai yang kurang mengetahui hal-hal teknis
tentang pemrograman tanpa bantuan pemrogram profesional. Sebagai contoh
pemrogram dapat membuat program dengan Microsoft Access di lingkungan PC dengan
mudah.
Bahasa pemrograman generasi keempat biasa
disebut sebagai high level languageatau bahasa berorientasi pada
masalah (problem oriented language) karena memungkinkan pemakai
menyelesaikan masalah dengan sedikit penulisan kode dibandingkan pada bahasa
prosedural. Bahasa pemrograman generasi keempat menggunakan pendekatan
non-prosedural. Untuk mendapatkan suatu hasil, seorang pemakai tidak perlu
memberitahukan secara detail tentang bagaimana mendapatkannya. Gambar di bawah
ini memberikan contoh yang menunjukkan perbedaan bahasa prosedural dan
non-prosedural dalam memperoleh data tentang seorang mahasiswa.
Bahasa Pemrograman Generasi V
Bahasa pemrograman generasi kelima merupakan
kelompok bahasa-bahasa pemrograman yang ditujukan untuk menangani kecerdasan
buatan (artificial intelligence). Kecerdasan buatan adalah disiplin
dalam ilmu komputer yang mempelajari cara komputer meniru kecerdasan manusia.
Berbagai aplikasi kecerdasan manusia adalah sebagai berikut:
o Pemrosesan bahasa
alami (natural language processing), yakni mengatur komputer agar bisa
berkomunikasi dengan manusia melalui bahasa manusia (Indonesia, Inggris,
Spanyol, Prancis, dan sebagainya).
o Pengedalian robotika
dan sensor mata.
o Aplikasi sistem pakar
(expert system) yang meniru seorang pakar di bidang tertentu sehingga
bisa menghasilkan nasehat atau pemikiran yang setara dengan seorang pakar.
Dengan menggunakan bahasa generasi kelima dimungkinkan untuk
melakukan perintah dengan cara percakapan seperti berikut:
“Tampilkan semua nama mahasiswa yang IPK-nya di atas 3,0 dan
urutkan berdasarkan IP secara descending”
PROLOG dan LISP merupakan dua contoh bahasa pemrograman yang
ditujukan untuk menangani kecerdasan buatan.
. PERANGKAT LUNAK PENUNJANG KERJA
Perangkat lunak penunjang produktivitas kerja memberikan
peranan yang sangat bermanfaat untuk optimalisasi mutu kerja. Terutama bagi
mereka yang bekerja di bidang programer atau desain grafis, bisa juga
arsitektur, sangat memerlukan program aplikasi software, itu
artinya pengertian software aplikasi sangat penting bagi
mereka. Anda yang bekerja di bagian admistrasi atau pencatat kelengkapan
informasi, pekerjaan Anda tidak akan jauh-jauh dari program software aplikasi,
seperti Excel.
Pengertian software aplikasi sangat
pentng bagi mereka yang bekerja membuat iklan atau advertisment misalnya. Untuk
mendesain iklan mulai dari menentukan ide, proses penentuan gambar, proses
brainstroaming, briefing awal dan akhir dan sebagainya, sangat terbantu dengan
program software aplikasi ini. Jadi, pengertian software aplikasi
di sini lebih kepada fungsi dan manfaat praktisnya. Demikian halnya dengan
pekerjaan yang membutuhkan program software aplikasi, harus
memahami pengertian software aplikasi tidak hanya secara
harfiah tetapi juga praktis.
Pengertian software aplikasi juga
diperlukan untuk orang awam. Pernahkah Anda tiba-tiba di suruh atasan untuk
membuat brosur padahal Anda tidak pernah membuatnya sebelumnya. Jika Anda tidak
mengetahui pengertian software aplikasi secara praktis tentu
saja Anda bingung dengan instruksi tersebut. Tetapi akan berbeda ceritanya jika
Anda sudah mengetahui pengertian sofware aplikasi secara praktis ini. Anda
tidak akan ragu melaksanakannya karena Anda sudah tidak asing lagi.
Menguasai program software aplikasi bisa
meringankan pekerjaan Anda, bahkan menguasai programsoftware aplikasi
bisa mengembangkan kreatifitas dan keterampilan Anda dalam mengolah gambar
lewat program software aplikasi multimedia. Jika kita melihat
foto yang diedit dengan sangat apik, pasti terpikir jika yang membuat itu
adalah orang yang sangat ahli, padahal foto tersebut dibuat dengan menggunakan
programsoftware aplikasi. Jadi, di sini kita bisa melihat lagi-lagi
pengertian software aplikasi dari segi praktis bisa kita
gunakan untuk berbagai keterampilan. Edit foto merupakan sebagian kecil dari
keterampilan yang memerlukan pengertian software aplikasi yang
baik.
C. SELUK
BELUK SOFTWARE APLIKASI
Ada yang masih bertanya-tanya apa itu pengertian software aplikasi?
Sudah membaca banyak referensi masih belum mengerti juga? Berarti Anda termasuk
orang yang bisa memahami sesuatu melalui contoh, demikina halnya untuk memahami
pengertian software aplikasi ini. Melalui contoh, beberapa
programsoftware aplikasi, orang dengan tipe ilustrasi tersebut akan
mengerti bagaimana pengertian software aplikasi.
Contoh program software aplikasi ini
bisa membantu Anda untuk lebih memahami apa itu pengertiansoftware aplikasi.
Terutama bagi Anda yang termasuk orang istilahnya gaptek atau gagap teknologi,
sebaiknya perbanyak pemahaman Anda mengenai pengertian software aplikasi
melalui produk perangkat lunak untuk aplikasi komputer. Mau tahu apa saja
perangkat lunak untuk aplikasi komputer sebagai upaya pemahaman kita terhadap
pengertian software aplikasi? Berikut beberapa jenis perangkat
lunak yang terdapat di pasaran untuk aplikasi komputer:
Perangkat lunak hiburan. Beberapa contoh
dari software ini, yaitu winamp untuk mendengarkan musik,
games, dan sebagainya untuk hiburan. Selain Winamp juga ada iTunes, QuickTime,
dan Multimedia Player. Perangkat lunak ini bisa Anda gunakan untuk menyalurkan
hobi Anda mendengaran musik atau lagu.
Perangkat lunak pendidikan. Berguna untuk
mempelajari atau mereferensikan tentang pendidikan atau pengetahuan. Anda
pernah melihat program aplikasi edugames? Nah, aplikasi edugames tersebut
merupakan salah satu contoh perangkat lunak atau software aplikasi
pendidikan. Bisa juga aplikasi pelajaran bahasa Inggris dan kamus bahasa asing.
Perangkat lunak bisnis. Software ini
berguna untuk aplikasi bisnis, contohnya untuk menangani utang piutang,
pencatatan barang, dan sebagainya. Bisa juga perangkat lunak ini digunakan
untuk membuat grafik atau trafik penjualan ataupun polling nilai jual pasar dan
sebagainya yang berhubungan dengan dunia bisnis.
Perangkat lunak khusus. Pengertian software aplikasi
bisa kita ketahui dari perangkat lunak khusus ini. Anda tentu tahu dengan
lembaga atau agensi keamanan yang digambarkan dalam film-film hollywood?
Misalnya FBI, CSI, tentu merekaa menggunakan software aplikasi
khusus yang berbeda dengan software aplikasi pada umumnya.
Misalnya perangkat lunak untuk data pencarian orang, atau data tindak kriminal
baik dalam negara maupun di luar negara.
Perangkat lunak produktivitas kerja.
Pengertian software aplikasi juga bisa kita pahami dari
berbagai program aplikasi produktivitas kerja. Seperti yang sudah disinggung
sedikit di atas, para desain grafis, desain interior, arsitek, editing foto
memerlukan perangkat lunak untuk produktifitas kerja, seperti multimedia.
APLIKASI
SOFTWARE UNTUK PRODUKTIFITAS KERJA
Kita sudah mengetahui apa saja contoh dari software aplikasi
untuk produktifitas kerja seperti yang telah di sebutkan di atas. Namun kita
masih bingung bagian mana saja dari profesi yang di sebutkan di atas itu
berperan. Dengan kata lain bagian-bagian dalam produksi mana saja yang
menggunakan software aplikasi ini.
Pengertian software aplikasi pada software produktivitas
kerja yang lainnya juga bisa kita lihat dalam uraian di bawah ini. Berikut ada
pengertian software apliksi untuk menunjang produktifitas
kerja selain yang disebutkan di atas, dan kita juga bisa melihat bagian-bagian
mana saja yang memerlukan software aplikasi tersebut:
1. Word processing
Word processing disebut
juga pengolah kata untuk membuat dokumen. Berguna untuk memformat teks sehingga
teks lebih rapi, misalnya rata kanan-kiri dan sebagainya.
Gramer check er digunakan
untuk mengidentifikasi kesalahan tata bahasa. Thesaurus adalah
untuk mencari padanan kata.
2. Spreadsheet
Spreadsheet berupa sekumpulan sel
yang khas. Setiap sel terdiri dari nama baris dinyatakan dengan angka dan nama
kolom dinyatakan dengan huruf.
Beberapa contoh nama spreadsheet, yaitu
Claris Resolve dari Claris Corporation, excel dari Microsoft, lotus 1-2-3 dari
Lotus. Development Corporation, QuatroPro dari Novel Corporation, StarOffice
Calc dari Sun Microsystems.
3. Desktop Publishing
Biasanya digunakan untuk mencetak kartu undangan. Cocok
sekali bagi yang ingin membuka usaha percetakan, karena ia bisa menggabungkan
metode dari perangkat lunak yang lain.
Contoh nama dari program desk top publishing,
yaitu corel draw, frame mak er, indesign, ventura, dan lain-lain.
4. Presentasi Grafik
Software ini biasanya digunakan
untuk membuat bahan presentasi grafik sehingga pembuatan bahan presentasi mudah
dan cepat. Anda juga bias menambahkan fitur-fitur penambah cantiknya bahan
presentasi Anda.
Contoh aplikasi ini adalah dengan menambahkan gambar
animasi atau bahkan menambahkan video untuk ditayangkan guna memperjelas bahan
presentasi. Contoh nama software ini adalah StarOffice Impress, FreeLance
Grafics, Power Point, dan lain-lain.
5. Komunikasi
Software ini berfungsi untuk berkomunikasi antar orang
melalui e-mail (electronic-mail), atau disebut juga dengan surat
elektronik. Beberapa contoh nama software email ini adalah Perfect Office,
Kmail, OutLook Express, Netscape messenger, dan lain-lain.
6. Personal
Information Manager (PIM)
PIM sangat berguna untuk mengelola informasi pribadi,
seperti tugas, jadwal, rekanan atau klien dan juga keuangan. Beberapa contoh
dari software ini adalah commence, computer
organizer, lotus organizer, Microsoft outlook.
7. Manajemen Data
Software manajemen data disebut
juga dengan DBMS (Database Management System). DBMS berguna untuk mencatat,
memanipulasi, dan mengambil data agar lebih cepat dan tepat.
Beberapa contoh nama DBMS, yaitu access dari
Microsoft Corporation, paradox, visual Dbase, visual express, dan visual
foxpro. DBMS memiliki fitur yang canggih sekali, misalnya mampu menyediakan
fasilitas keamanan bagi pengakses yang tidak berwewenang.
KESIMPULAN
Software
aplikasi, yaitu suatu program komputer yang berfungsi untuk melakukan
tugas-tugas khusus, seperti membuat dokumen, memanipulasi foto, membuat laporan
keuangan, atau merancang rumah.
Berikut
beberapa jenis perangkat lunak yang terdapat di pasaran untuk aplikasi
komputer: Perangkat lunak hiburan, perangkat lunak pendidikan, perangkat lunak
bisnis, perangkat lunak khusus, perangkat lunak produktivitas kerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar